AirAsia QZ8501 Diduga Ada di Dasar Laut


CNN Indonesia -- Pencarian hilangnya pesawat AirAsia QZ8501 rute Surabaya-Singapura dilanjutkan pagi ini, Senin (29/12), setelah semalam dihentikan karena gelapnya cuaca.

Kepala Badan SAR Nasional FHB Soelistyo mengatakan pencarian akan difokuskan di tujuh titik. "Bangka, Singkep, Belitung, Selat Karimata, dan beberapa wilayah darat bagian barat Kalimantan," ujar Soelistyo di Kantor Otoritas Bandara Wilayah 1 Soekarno-Hatta.

Menurut Soelistyo, pencarian diperluas karena ada kemungkinan QZ8501 berada di dasar laut. "Karena koordinat yang diberikan ada di laut, dugaan awal pesawat ada di dasar laut," ujarnya.

Sebagai catatan, koordinat tempat terakhir pesawat terlihat dalam radar Air Traffic Controller adalah 03.36.31 Lintang Selatan dan 109.41.46 Bujur Timur. Koordinat tersebut menunjukkan lokasi berada di sekitar Tanjung Pandan dan Pontianak atau di sekitar Selat Karimata antara Sumatera dan Kalimantan yang menghubungkan Laut Jawa dengan Laut China Selatan.

Jika benar pesawat ada di bawah laut, maka pencarian akan cukup sulit untuk dilakukan, sebab Basarnas tidak memiliki peralatan yang mumpuni untuk mencari di laut sedalam itu. "Teknologi spesifikasi yang kami punya belum bisa. Kemampuan kami kurang optimal dan tidak mencukupi," kata Jenderal TNI bintang tiga tersebut.

Saat ini kapal laut milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) diperbantukan untuk melakukan pencarian dengan menggunakan radar sonar. (Baca: Basarnas Butuh Drone Bawah Laut untuk Cari AirAsia QZ8501)

Pesawat AirAsia QZ8501 hilang kontak dengan ATC sekitar 30 menit setelah lepas landas dari Bandara Juanda, Surabaya, Minggu (28/12). Pesawat tersebut terakhir terlihat di radar sekitar pukul 6.12 WIB dan resmi dinyatakan hilang pada 7.55 WIB.

QZ8501 lepas landas dari Bandara Juanda dengan membawa 155 penumpang yang terdiri dari 138 penumpang dewasa, 16 anak-anak dan satu bayi. Sebanyak 149 penumpang merupakan warga negara Indonesia, tiga Korea Selatan, dan tiga lainnya berasal dari Perancis, Malaysia, dan Singapura. 

0 Response to "AirAsia QZ8501 Diduga Ada di Dasar Laut"

Post a Comment